Tips Mempertahankan
Buyer Untuk Export Barang Kita
Dalam perdagangan internasional
eksport selalu menjadi prioritas utama pemerintah yang harus terus di
tingkatkan, meningkatkan eksport merupakan alternatif untuk menjaga keseimbangan
agar tidak terjadi defisit perdagangan. Oleh karena itu indonesia masih
memerlukan para eksportir yang mampu menembus pasar global di berbagai negara,
jika anda mempunyai produk sendiri dan mempunyai kualitas yang bagus cobalah
untuk masuk ke pasar internasional dengan cara
export barang ke negara yang mempunyai peluang dan minat dengan produk yang
anda hasilkan. Sebelumnya barang yang anda hasilkan harus mempunyai keunggulan
dan standar yang dapat diterima di luar
negeri karena penetapan standar yang ada
di negara kita dengan negara lain berbeda maka bisa jadi barang kita ditolak
bahkan direturn karena kualitas tidak sesuai dengan negara tujuan termasuk
dibidang kerajinan, kualitas makanan dan sebagainya.
Seperti tema yang akan kita bahas,
mungkin ada yang mengganjal dibenak pembaca seperti bagaimana cara export barang keluar negeri
sedangkan kita tidak tahu apapun mengenai hal itu, sebelumnya kita harus
mengetahui terlebih dahulu tentang persyaratan eksport, anda harus langsung
datang ke bea dan cukai untuk menanyakan berbagai persyaratan yang harus
disiapkan. Mungkin disana akan dijabarkan secara lengkap, jika ingin belajar
secara otodidak tanpa harus datang anda bisa mengunjungi langsung website bea
cukai, semua telah dipaparkan dalam wesite. Setelah tahu tentang eksport bisa
langsung mencari buyer dari negara yang anda inginkan, mungkin utuk mencari
buyer bisa dibilang lumayan sulit, apalagi jika anda baru pertama kali mencoba
masuk ke dunia eksport. Namun, anda bisa ikut dalam pameran perdagangan
internasional yang mempertemukan antara produk dan para buyer, jika memang
banyak yang berminat dengan produk anda maka disinilah anda akan memulai bisnis
eksport. Buyer merupakan sangat vital
dalam perdagangan, oleh karena itu kita harus pintar-pintar memikat hati agar buyer
tertarik dengan produk kita. bahkan untuk meyakinkan buyer semua tentang produk
harus kita jelaskan secara detail sepert menjelaskan keunggulan produk, kelemahan,
kebermanfaatan, profit dan peluang bisnis.
Setelah mendapatkan buyer maka
yang perlu kita lakukan ialah mempertahankan buyer untuk memasarkan produk kita
dinegaranya, maka dari itu kita harus menjaga hubungan yang baik dengan buyer,
agar
cara export import barang kita
berkelanjutan selain itu kita harus mampu berinovasi dengan kebutuhan
masyarakat negara yang di tuju, contohnya jika kita mengeksport baju untuk
digunakan musim dingin di China maka kita harus pintar-pintar mendesaign baju
dengan trand yang ada disana dan dapat menyesuikan cuaca. Inovasi produk sangat
lah penting sebagai cara untuk mempertahankan eksistensi usaha kita dengan persaingan produk lain yang serupa
dengan usaha yang kita jalankan, anda mungkin bisa mencari inspirasi diberbagai
sumber untuk trand yang sedang berkembang
bisa melalui berkunjung dipameran atau mencari di internet, dengan
selalu memperbarui produk yang kita eksport akan menjadi nilai tersendiri baik
bagi konsumen atau buyer yang menjadi mitra bisnis, nilai tersebut bisa saja
dalam bentuk peningkatan konsumen atau peningkatan brand produk kita.
Untuk itu hubungan yang baik akan
menumbuhkan kepercayaann bisnis antara anda dan buyer ditambah dengan inovasi secara
terus-menerus dengan cara export barang
yang kita jalankan maka bisnis yang kita lakukan akan berkembang secara pesat,
namun tetap melihat trand persaingan pasar agar produk kita tidak mengelamin
penurunan.